souvenir pernikahan

Toga, Tanaman Obat

Pengertian Toga
Pengertian Toga perlu kita pahami sebelum mendalami mengenai toga itu sendiri. Pengobatan secara tradisional telah diterapkan oleh nenek moyang kita untuk tujuan penyembuhan maupun perawatan kesehatan dan kecantikan. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan upacara-upacara ritual pada setiap tahapan siklus hidup manusia yang diyakini dan telah terbukti hasilnya cukup baik. Beberapa bukti perawatan tradisional yang telah diterapkan nenek moyang dapat dijumpai pada tulisan-tulisan kuno yang terdapat pada lembaran daun lontar seperti Husodo (Jawa) dan Usada (Bali). Bukti-bukti lain bisa dijumpai pada relief-relief di beberapa candi seperti Candi Borobudur dengan simbol kehidupan berupa pohon Kalpataru. Di Keraton Surakarta terdapat tulisan Serat Kawruh Bab Jampi-Jampi Jawi yang berisi resep-resep obat tradisional dan jamu untuk berbagai perawatan kesehatan dan kecantikan, yang ditulis tahun 1831.

Masuknya pengetahuan modern, termasuk cara-cara pengobatan, ilmu dan kemampuan meramu obat secara tradisional semakin berkurang dan ditinggalkan. Diawali dengan didirikannya sekolah dokter Stovoa di Pulau Jawa pada tahun 1904 oleh Belanda, semakin banyak orang memilih cara pengobatan modern dengan bahan kimia yang dirasakan lebih praktis daripada harus meminum jamu yang perlu diramu terlebih dahulu dan rasanya pun biasanya pahit.

Dewasa ini, seiring dengan gencarnya gerakan kembali ke alam dikampanyekan oleh negara barat serta adanya krisis moneter yang melanda kebiasaan berobat ke dokter, penggunaan obat-obatan modern mulai dipertimbangkan kembali. Harga obat-obatan tersebut terus melambung tinggi, bahkan hingga tak terbeli oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Dari sinilah mulai timbul perhatian ke pengobatan alternatif serta perawatan kesehatan dan kecantikan secara tradisional. Hal ini didukung juga dengan tingginya nilai manfaat dengan efek samping yang relatif kecil, serta keterjangkauan dalam mengonsumsi jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia modern.

Perkembangan industri jamu yang memanfaatkan bahan baku alam, terutama tanaman obat, sekarang sudah tampak. Banyak bermunculan industri jamu berskala kecil hingga besar. Sebagian dari mereka bahkan merambah pasar internasional. Konsekuensi logis darimunculnya pabrik-pabrik ini adalah bahan baku tanaman obat haruslah tersedia cukup dan mudah diperoleh. Proses penyediaannya pun harus cukup sederhana dan secara ekonomi terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan upaya peningkatan budidaya tanaman obat pada tingkat bisnis pertanian skala kecil dan luas yaitu sejak dari pengusahaan apotek hidup (TOGA) hingga skala perkebunan dengan prinsip bersih dan selaras dengan lingkungan.

Manfaat Toga, Kelebihan Toga

Hal-hal yang mendasari perlunya dilakukan budidaya tanaman obat, baik secara apotek hidup (TOGA) yang areanya terbatas maupun skala perkebunan yang areanya besar adalah:

Tanaman obat sudah mulai sulit ditemukan di habitat aslinya. Beberapa spesies mulai langka karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam segi pelestarian.

Berdasarkan beberapa penelitian, produksi simplisia dari tanaman obat hasil budidaya masih lebih rendah dari tanaman liar, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Beberapa spesies tanaman obat masih sulit dibudidayakan secara konvensional. Pasar tanaman obat masih terbatas dan eksklusif, walaupun akhir-akhir ini permintaannya cukup tinggi baik lokal maupun ekspor. Sedangkan hal-hal yang membuat budidaya tanaman obat menjadi optimis adalah beberapa hal berikut ini:

Sejak terjadi krisis keuangan, posisi obat tradisional yang berbahan baku nabati mulai bisa sejajar dengan obat-obatan modern di pasaran karena harganya relatif murah. Gerakan kembali ke aiam di negara-negara maju seperi Eropa dan Amerika semakin mempopulerkan pengobatan dan perawatan kesehatan secara alami sehingga meningkatkan permintaan dunia terhadap bahan baku nabati.

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan bahan baku nabati oleh negara-negara penghasil produk herbal seperti Cina dan India, Indonesia adalah daerah yang cocok untuk pengembangan budidaya tanaman obat. Beberapa jenis tanaman tropis yang berkhasiat obat dan banyak digunakan untuk perawatan natural hanya bisa tumbuh di daerah tropis Indonesia.

Usaha meningkatkan penghasilan melalui primadona hortikultura sepertinya sulit diharapkan sejak perga’ntian musim sudah mulai sulit ditebak hingga mengakibatkan fluktuasi harga yang cukup tajam dalam waktu yang relatif singkat. Begitu pula dengan penanamanpadi,sebelumnya diharapkan akan menghasilkan keuntungan karena beras merupakan kebutuhan primer Indonesia. Pada kenyataannya juga makin terjepit karena harga pupukyang terus melambung dan kehadiran berbagai macam beras impor yang harga dan kualitasnya cukup bersaing. Hal-hal inilah yang sebenarnya merupakan dorongan bagi para petani Indonesia untuk lebih jeli melihat relung-relung bisnis di bidang agroindustri yang lebih potensial seperti budidaya tanaman obat. Jika dibandingkan dengan prospek tanaman hias pun, tanaman obat ini tampak memberikan prospek lebih baik, mengingat fungsinya untuk menjaga kesehatan masih lebih penting daripada sekedar keindahan ornamen.

Dengan melihat prospek tersebut, maka sangatlah terbuka kesempatan untukberagrobisnisdi bidangtanamanobat Indonesia. Dengan berpedoman pada pengembangan dan pengelolaan mutu produk bahan nabati, maka seluruh pasar lokal dalam negeri dapat direbut dan produk bahan nabati siap masuk ke pasar global. Hal ini memberikan rasa optimis yang cukup kuat karena dilandasi dengan potensi yang dimiliki oleh Indonesia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang cukup besar dalam hal toga.

pengertian TOGA (184), definisi toga (22), Bermacam2 tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional (9), pengertian toga dan contohnya (6), Bermacam2 tanaman yg berkasiat sebagai obat tradisional (6), Bermacam2 tanaman yg berkhasiat sebagai obat dan kesehatan (5), pengertian dan manfaat toga (4), pengertian toga dan manfaatnya (4), pengertian tanaman toga dan manfaatnya (3), pengertian tanaman toga (2), arti toga pada tanaman (2), pengertian toga dan contoh (2), manfaat adanya toga (2), arti lingkungan toga (2), tentang tanaman toga dan contohnya (1), pengertian toga beserta manfaatnya (1), pengertian toga beserta contoh dan manfaatny (1), pengertian toga beserta contoh (1), pengertian toga adalah (1), yang dimaksud tanaman toga dan contohnya (1)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation