souvenir pernikahan

Susu Jagung

Susu Jagung Tawarkan Keunikan Rasa. Makanan olahan dari jagung, sudah banyak kita kenal. Tapi jangung di oleh menjadi susu, tentu kita bertanya-tanya bagaimana rasanya?

Pengolahan jagung sebagai dasar pembuatan susu didasarkan atas pertimbangan jenuhnya pengolahan jagung sebagai makanan. Terutama jagung manis yang diproses begitu saja, misalnya sebagai bahan campuran sayur, direbus atau dibuat jagung bakar. Handi Widyatno bersama empat te-mannya Dewi Eka Safitri, Waode Siti A.U, Ema Damayanti, dan Zaenal Arifin dari Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, ingin memperkenalkan susu jagung.

Berdasarkan penelitian, bahan jagung memiliki berbagai keunggulan. Jagung men-gandung gula fruktosa yang memiliki kalori lebih rendah dibanding sukrosa, rasanya lebih manis namun aman dikonsumsi penderita diabetes mellitus.

Jagung yang diolah menjadi susu merupakan jagung pilihan yang memiliki kadar gula pada endosperm sebesar 5-6% dan kadar pati 10-11%, dan itu terdapat pada jenis jagung manis. Sedangkan pada jagung biasa kadar gula hanya 2-3% atau setengah dari kadar gula jagung manis. “Keunggulan lain susu jagung dibandingkan dengan produk minuman berbahan pati misalnya susu kedelai, adalah keunikan rasa dan tidak berbau “apekT jelas Handi.

Pengolahan jangung menjadi susu pun tidak terlalu sulit. Jagung manis yang telah dibersihkan, direbus kurang lebih 5 menit, kemudian dipipil. Pipilan tersebut kemudian diblender dengan air, kemudian diperas untuk diambil sarinya. Setelah didapat sari kemudian ditambahkan sedikit gula sesuai selera dicampur dengan sedikit susu skim kemudian dipanaskan hingga masak.

Saat ini masih jarang jagung yang disajikan dalam bentuk minuman seperti susu jagung, selain itu dilihat dari peluang bisnis, usaha produk olahan susu jagung masih berpeluang memiliki pangsa pasar yang besar. Besarnya peluang bisnis ini membuat Handi dan kawan-kawannya memenangkan kompetisi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). “Berawal dari tugas kuliah bisnis plan, kami mengajukan proposal ke PMW, alhamdullilah kami lolos dan didanai sebesar Rp 8 juta,” jelas Handi mahasiswa angkatan 2006 ini.

Pada awalnya Handi menjual di susu jagung di laboratorium kampus III UAD, ternyata hasilnya tidak terduga, susu jagung-nya selalu habis terjual. Sehingga awal tahun depan la dan rekan-rekannya akan mengembangkan usaha dengan membuka outlet di sekitar Kampus III UAD.

Kini Susu jagung telah diberi merek dengan nama “Zea’s Milk”. Berawal dari tugas inata kuliah di kelas, karena ketekunan dan kerja keras, mereka dapat menghasilkan usaha yang memiliki potensi tinggi dan tentunya menguntungkan.

artikel hasil olahan jagung (2), artikel makalah susu jagung manis (2), proposal minuman jagung (1), minuman olahan jagung (1), makalah contoh produk olahan jagung (1), kumpulan hasil olahan jagung (1), artikel susu (1), artikel proposal usaha olahan (1), artikel proposal usaha jagung (1), artikel proposal jagung manis (1), tugas bisnis plan produk jagung susu keju (1)
sumber: Kedaulatan Rakyat 4 Januari 2011
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation