souvenir pernikahan

Saklar, Sakelar, Pengertian Sakelar, Macam Sakelar, Jenis Sakelar

Pengertian Sakelar merupakan sebiah alat yang digunakan sebagai penghubung dan pemutus aliran listrik.
a. Jenis sakelar berdasarkan besar tegangannya
• Sakelar tegangan rendah
• Sakelar tegangan menengah
• Sakelar tegangan tinggi
b. Macam sakelar berdasarkan tempat dan pemasangannya
Sakelar in-low sakelar yang ditanam didalam tembok
Sakelar out –bow, sakelar yang dipasang pada permukaan tembok.

Jenis sakelar berdasarkan fungsinya
Sakelar on-off, merupakan sakelar yang bekerja menghubungkan arus listrik jika tombolnya di tekan pada posisi on. Untuk memutuskan hubungan arus listrik, tombol sakelar harus ditekan pada posisi off. Sakelar jenis ini biasanya digunakan untuk sakelar lampu.
Sakelar push-on, merupakan sakelar yang menghubungkan arus listrik jika tombolnya ditekan pada posisi on dan akan secara otomatis memutus arus listrik , ketika tombolnya dilepas dan kembali ke posisi off dengan sendirinya. Biasanya sakelar jenis ini digunakan untuk sakelar bel rumah.

Macam sakelar berdasarkan jenis perunitnya
Sakelar tunggal, merupakan sakelar yang hanya mempunyai satu buah kanal input yang terhubung dengan sumber listrik, serta kanal output yang terhubung dengan beban listrik / alat listrik yang digunakan.
Sakelar majemuk, merupakan sakelar yang memiliki satu buah kanal input yang terhubung dengan sumber listrik, namun memiliki banyak kanal output yang terhubung dengan beberapa beban / alat listrik yang digunakan. Jumlah kanal output tergantung dari jumlah tombol pada sakelar tersebut.
Demikian tadi artikel mengenai pengertian saklar atau sakelar, macam sakelar atau jenis sakelar.

pengertian saklar (121), saklar tunggal (91), macam macam saklar (78), sakelar (75), fungsi saklar ganda (65), fungsi saklar tunggal (62), saklar ganda (52), pengertian saklar tunggal (45), pengertian saklar seri (42), pengertian saklar ganda (34), fungsi saklar (33), macam-macam saklar (30), saklar tunggal adalah (27), fungsi saklar seri (25), jenis saklar (24), jenis jenis saklar (22), definisi saklar (21), tentang saklar (19), pengertian sakelar (18), jenis saklar listrik (17)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation