souvenir pernikahan

Kalkulator, Cara Kerja Kalkulator

Kamu pemah menggunakan kalkulator? Dahulu orang meng-hitungdidalam kepala,mencoret-coretkertasatau menggunakan sempoa. Sekarang, kita dapat menggunakan komputer kecil yang disebut kalkulator untuk mengerjakan pefhiturvgan. Kalkulator juga membutuhkan listrik. Listrik di sini berfungsi sebagai pen-gontrol kerja mesin elektronik pada kalkulator. Ini juga berlaku buat perangkat komputer.

Cara kerja kalkulator

Saat kamu menekan tombol, kalkulator memperlihatkan angka pada layarnya. Kamu dapat melakukan penghitungan seperti menjumlah, atau mengurang dengan cepat dan hasilnya akan tampak pada layar.

Ketika melakukan penghitungan, kalkulator tidak menggunakan angka, tetapi kode khusus.Tombol yang ditekan mengirim arus listrik ke totak’ kalkulator yang berbentuk alat listrik yang sangat kecil, terbuat dari silikon yang disebut mikrocip. Alat ini mengatur aliran listrik pada kalkulator. Mikrocip atau microchip menghasilkan kode elektrikjfaitu sebuah kode angka. Setiap tombol pada kalkulator menyimpan dan memberi kode sinyal yang berbeda-beda untuk semua angka. Mikrocip juga menyimpan kode untuk setiap perhi-tungan. Saat tombol = ditekan, mikrocip mengumpulkan semua kode hingga didapatlah hasil yang akan ditampilkan pada layar. Semua kode sinyal ini berputar sangat cepat sehingga kalkulator dapet meiakukan perhitungan juga dengan cepat.

Kode sinyal yang dikirim dari mikrocip ke layar adalah arus listrik yang mengattr dan kemudian putus. Sehingga bagian angka itu akan ada yang  gelap dan terang. Ini juga akibat adanya zar kimia bemama LCD (Liquid Crystal Display).  Kristal cair ini akan berubah ketika dialiri listrik. Tanda kode dari mikrocip membuat palang-palang yang gelap dan terang. Pola dari palang yang gelap dan terarig ini membuat angka tampak pada layar. Semua kode sinyal pada kalkulator tersambung dan terputus seperti ini. Karena kode mempunyai dua tanda, on (nyala) dan off (mati), maka disebut kodefbinari. Bi berarti dua. Demikian tadi artikel mengenai kalkulator.

cara menggunakan kalkulator (220), cara kerja kalkulator (204), pengertian kalkulator elektronik (89), pengertian kalkulator (63), cara penggunaan kalkulator (50), cara mengoperasikan kalkulator (34), cara menggunakan calculator (31), cara memakai kalkulator (26), petunjuk penggunaan kalkulator (24), definisi kalkulator (22), prinsip kerja kalkulator (22), cara mengoperasikan kalkulator elektronik (10), cara mengoprasikan kalkulator (7), cara gunakan kalkulator (6), Bagaimana cara menggunakan kalkulator (6), Cara kerja Calculator (6), cara pengoperasian kalkulator (5), cara pengoprasian kalkulator (5), cara kerja kalkulator digital (5), cara pemakaian kalkulator (4)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation