souvenir pernikahan

Iklan, Pengertian Iklan, Definisi Iklan

Pengertian iklan atau definisi iklan adalah salah satu alat promosi penjualan seperti pameran, selebaran dan sebagainya. Secara umum iklan diartikan sebagai usaha untuk memberikan informasi tentang barang dan produsen melalui media iklan kepada “target customers” sebanyak-banyaknya. Tampak di sini ada tiga unsur iklan yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu barang atau produsen, media iklan dan konsumen sebagai sasaran. Suatu iklan baru dapat difahami maksudnya bila menjelaskan barang atau produsen barang tersebut. Suatu iklan baru akan berarti apabila ada media yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Suatu iklan baru bermanfaat apabila ia ada pasar atau konsumen yang dijadikan target.

Masalah iklan

Seorang pengusaha menghadapi beberapa masalah utama iklan. Beberapa masalah tersebut adalah:

1. Penentuan tujuan iklan

Pengusaha harus berusaha menetapkan tujuan yang spe-sifik yang ingin dicapai dengan melakukan kegiatan iklan dalam satu periode waktu tertentu. Beberapa tujuan yang akan dicapai antara lain:

  • penyampaian informasi seluas-luasnya kepada pembeli,
  • membentuk “brand preference”
  • memperkenalkan produk baru,
  • mempertahankan bagian pasar yang dikuasai, dan sebagai-nya.

Pada suatu saat pengusaha harus mampu untuk membuktikan bahwa tujuan yang ditujunya telah tercapai atau sebelumnya. Penentuan tujuan ini erat kaitannya dengan media iklan yang disiplin.

2. Menunjukkan kreatifitas iklan

Seorang pengusaha harus mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam menawarkan barang kepada konsumen. Ia harus selalu mampu menetapkan apa yang akan disampai-kan (message) dan bagaimana cara mengatakannya (copy). Message dan copy ini saling mendukung satu sama lain. Mungkin seorang pengusaha cukup kreatif dalam mencari hal yang la-yak untuk disampaikan, tetapi ia kurang cakap dalam menyampaikannya. Sebaliknya mungkin seorang pengusaha mampu untuk menyampaikan suatu pesan tetapi kesulitan untuk mengidentifikasi pesan apa yang akan disampaikannya kepada konsumen.

3. Pemilihan media iklan yang tepat

Seorang pengusaha selalu dituntut untuk membuat kombinasi media iklan yang optimal bagi barang-barang yang ditawarkannya. Dengan kendala dana yang tersedia, media yang ada, konsumen yang menjadi sasaran, ia harus mampu memilih kombinasi media yang menimbulkan beban minimal atau menghasilkan manfaat yang maksimal. Selain me-ngenai media apa yang akan dipakai, ia juga harus memilih ka-pan waktu yang tepat untuk menawarkan barang. Keputusan yang diambil (media decision) ini masih diharapkan lagi pada beberapa permasalahan; diantaranya:

  1. Kesulitan untuk mengukur dengan tepat keefektifan suatu media iklan (surat kabar, majalah, radio, televisi, maupun billboards).
  2. Kesulitan dalam memilih media tertentu yang terbaik untuk barang yang ditawarkan. Umpamanya diputuskan untuk menggunakan media surat kabar. Lalu surat kabar mana yang tepat? Apakah surat kabar A juga populer di wilayah X?
  3. Kesulitan dalam memilih “media options”; seperti wama dominan sebagai ciri khas, model iklan, kata-kata kunci, ukuran iklan, dan sebagainya.

4. Pemilihan waktu iklan yang tepat.

Seorang pengusaha harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menawarkan barangnya dalam satu tahun. Di negara empat musim, hal ini penting sekali. Menawarkan berbagai barang keperluan musim panas sebaiknya menjelang musim panels. Atau sebaliknya, menawarkan perlengkapan ski es sebaiknya dilakukan menjelang musim dingin mendorong pengusaha membuat keputusan yang tidak rasionil. Bila keadaan memaksa. anggaran harus dapat disesuaikan (ber-sifat fleksibel) terhadap iklan tersebut.

pengertian iklan (128), pengertian iklan secara umum (38), artikel tentang iklan (33), makalah tentang iklan (18), pengertian iklan radio (13), definisi iklan (12), yhs-default (7), materi tentang iklan (6), contoh pengertian dan ciri ciri iklan (5), pengertian dan ciri-ciri iklan (3), pembahasan tentang iklan (2), Pengertian ciri iklan (2), Pengertian ikan (2), penjelasan tentang iklan (2), pengertian umum tentang periklanan (2), makalah iklan (2), definisi iklan radio (2), iklan secara umum (2), makalah iklan dan informasi (1), pengertian periklanan dan berbagai keputusan dalam periklanan (1)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation