souvenir pernikahan

Cara Tepat Memasang Instalasi Listrik

Buat rencana instalasi listrik
Sebaiknya tentukan terlebih dahulu rencana instalasi listrik di rumah Anda. Penempatan stop kontak, lampu, dan lain sebagainya. Instalasi listrik sebgaiknya dipasang sebelum dinding diplester, ketika dinding bata terbentuk. Hal ini bertujuan agar instalasi dapat terpasang rapi ( tertanam ) di dalam tembok.
Gunakan pipa
Gunakan pipa ketika Anda memasang instalasi listrik agar lebih mudah pada saat diperlukan penggantian kabel. Hindari sambungan kabel di dalam pipa. Bila ada sambungan , usahakan di atas plafon. Gunakan konektor berkualitas dan bungkus dengan solatip listrik sehingga sambungan aman dari air dan serangga.
Gunakan pemutus arus listrik
Penggunaan pemutus arus listrik atau sekering harus sesuai dengan daya tersambung, jangan dillebihkan atau dikurangi.
Buat titikk ground
Minta kepada Biro Teknik Listrik ( BTL ) yang memasang instalasi listrik untuk menyediakan titik ground sehingga bila terjadi korsleting atau spanning, kelebihan arus bisa disdalurkan ke bumi. Ground biasanya berupa batang besi ( ferit ) yang ditanam sedalam 3 m ke dalam tanah kemudian disambung dengan kabel tembaga.
Tentukan titik lampu
Sebaiknya penentuan titik lampu dilkukan jauh – jauh hari sehingga pada saat pemasangan instalasi sudah ditentukan banyaknya kabel yang dibutuhkan serta proses penarikan kabel juga sudah terpola dengan baik. Pemasangan lampu tidak harus di pasang saat itu juga, bisa dilakukan setelah pengecatan selesai agar lampu tidak kotor.
Tentukan titik stop kontak
Tentukan pula titik stop kontak ketika membuat rencana instalasi listrik. Bila daerah kawasan banjir hindari pemasangan stop kontak dipasang didinding bagian atas. Ini juga untuk menghindari anak – anak tersengat listrik saat bermain.
Menggunakan Stabilizer
Ada baiknya Anda menggunakan stabilizer atau Automated Voltage Regulater ( AVR ). Stabilizer berfungsi untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan jika tegangan listtrik tidak stabil. Seluruh arus listrik yang masuk ke dalam rumah terlebih dahulu melalui stabilizer.
Pilih jenis kabel solid
Untuk pemilihan kabel dalam rumah sebaiknya kabel solid, bukan serabut. Kabel jenis ini mengalirkan listrik dengan baik dan meminimalisir kehilangan daya ( losses). Ciri kabel ini agak kaku dan bila dibuka tenbaganya berupa batang tenbaga, bukan serabut tembaga yang dipilin menjadi satu.
Sesuaikan jenis kabel dengan daya listrik
Ketika memilih kabel, pertimbangkan besaran kabel sesuai dengaan daya yang diinginkan. Ada baiknya Anda Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak kontraktor listrik atau orang yang mengerti instalasi listrik.
Pilih pipa paralonn tebal
Sebetulnya semua pipa memiliki kualitas yang cukup baik. Tapi lebih baik pilih yang agak tebalk agar tak mudah rusak.
Pakai lampu jenis LHE ( Lampu Hemat Energi )
Meski harga belinya sedikit lebih mahal, tapi LHE jauh lebih ekonpmis secara jangka panjang . karena cahaya lebih terang dan usianya pun lebih lama dibandingkan lampi pijar dan neon.
Gunakan perlengkapan listrik, seperti kabel, stop kontak sakelar, dan steker yang telah terjamin kualitasnya dan telah berlabel Standar Nasional Indonesia. ( SNI), lembaga Masalah Kelistrikan ( LMK),atau Standar PLN ( SPLN).
Demikian tadi Cara Tepat Memasang Instalasi Listrik.

cara memasang instalasi listrik rumah (66), cara memasang instalasi listrik (49), cara instalasi listrik rumah (46), cara instalasi listrik rumah yang benar (34), cara pemasangan instalasi listrik yang benar (29), pemasangan instalasi listrik yang benar (28), cara pasang instalasi listrik rumah (25), cara menyambung kabel listrik (23), cara menyambung kabel listrik yang benar (22), cara pasang instalasi listrik (21), cara pemasangan instalasi listrik (20), CARA INSTALASI LISTRIK (20), sambungan kabel listrik yang baik (14), cara memasang instalasi listrik yg benar (14), cara instalasi listrik yang benar (13), cara memasang instalasi listrik yang benar (12), cara memasang instalasi listrik di rumah (11), konektor listrik (11), instalasi listrik rumah yang benar (11), pemasangan instalasi listrik (10)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation