souvenir pernikahan

Bola Lampu Listrik

Sebelum bola lampu listrik ditemukan sekitar 100 tahun yang lalu. orang-orang menggunakan lampu gas dan minyak. Seka-rang, listrik digunakan pada malam hari untuk lampu-lampu yang menerangi jalan-jalan, gedung dan rumah.

Bagaimana cara lampu menyala? Ketika suatu benda menjadi panas, benda itu akan memancarkan sinar. Di dalam bola lampu yang menyala, kawat filamen menjadi sangat panas sehingga me-memancarkan sinar. Itulah sinar yang kita lihat keluar dari bola lampu. Filamen ini harus berada di dalam bola lampu, karena jika ia ada dltluar bola lampu, filamen akan terbakar. Filamen tidak terbakar di dalam bola lampu karena ada gas yang menahan terbakarnya filamen. Sinar bola lampu ini akan habis dalam beberapa minggu atau satu bulan karena filamennya putus sehingga lampu tidak menyala.

Sekarang bola lampu dibuat dengan menggunakan sedikit unsur yang disebut halogen yang bereaksi dengan filamen logam sehinjgga memancarkan sinar yang jika semakin panas akan se-makin terang. Filamen itu dimasukkan ke dalam bola lampu khu-sus yang terbuat dari kuarsa. Lampu ini disebut lampu halogen kuarsa, dan sering digunakan untuk lampu depan mobil.

Tetapi untuk lampu-lampu di tempat umum, tidak ada bola lampu. Penggantinya adalah tabung kaca yang memancarkan warna putih, bahkan ada juga yang dapat memancarkan sinar befmacam-macam warna. Tabung lampu ini tidak berisi filamen logam, tetapi gas yang bersinar saat arus listrik melaluinya. Gas itu bernama sodium. Sodium akan memancarkan cahaya berwarna oranye, dan sering digunakan untuk lampu-lampu di jalan. Berbeda dengan filamen dalam bola lampu, gas sodium tidak memanas.

Filamen di dalam bola lampu dibuat dari logam tungsten yang tidak meleleh kecuali pada suhu 3400° C. Ketika lampu menyala, arus listrik akan mengalir melalui filamen. Listrik menghasilkan panas saat melewati kawat yang kecil.

•    Penutup log am
•    Gas
•    Penyangga kaca
•    Kawat penyangga
•    Filamen kawat tungsten
•    Bola lampu kaca

Bola lampu hemat energi

Sebenarnya sudah ada bola lampu yang lebih hemat listrik lehih awet. Bola lampu ini terbuat dari tabung fluorescen yang sinarnya sama terangnya dengan bola lampu biasa. Lampu FluoreSen memiliki tabung yang memancarkan cahaya putih. Listrik mengalir melalui gas merkuri di dalam tabung sehingga gas menghasilkan sinar yang menyebabkan lapisan khusus di dalam tabung menyala putih.

Lampu-lampu Idan di kota-kota besar sering dibuat dari tabung kaca yang memancarkan warna terang. Lampu ini disebut neon box karena tabung kacanya mengandung ga&neon yang berwama merah atau gas lain yang memancarkan warna berbeda.

cara membuat bola lampu (30), cara kerja lampu listrik (28), penyebab lampu sering putus (22), penyebab lampu rumah sering putus (17), mengapa lampu bisa menyala (14), cara membuat lampu listrik (14), cara membuat lampu neon (11), lampu rumah sering putus (9), proses lampu listrik dapat menyala (7), cara kerja lampu (7), kenapa lampu bisa menyala (6), bagaimana suatu lampu bisa menyala (5), proses lampu listrik menyala (5), Cara membuat lampu menyala (4), kenapa lampu rumah sering putus (4), kenapa lampu menyala (3), cara kerja lampu neon menyala (3), mengapa lampu dapat menyala (3), bagaimana lampu neon dapat memancarkan cahaya (3), proses listrik menyala (3)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation