souvenir pernikahan

Biopori, Lubang Biopori, Cara Membuat Biopori

Pengertian Lubang Biopori
Jika Anda sering mendengarkan tentang istilah biopori atau lubang resapan organik maka anda perlu tahu apa itu lubang biopori. Biopori atau lubang resapan digunakan untuk memperbaiki kondisi lingkungan. Hal ini     perlu  mengingat semakin sedikitnya lahan terbuka yang ada saat ini sehingga berdampak pada bencana banjir yang melanda di beberapa wilayah. Anda dapat membuat sendiri lubang biopori dengan membuat lubang seperti halnya membuat sumur bor. Lubang resapan ini dapat membantu resapan air ( khususnya air hujan) ke dalam tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

Fungsi Biopori

Lubang  biopori mempunyai fungsi sebagai berikut.
> Membantu meresapkan air hujan ke dalam tamah
Tidak harus air hujan dari talang  atau saluran air yang masih bersih, tetapi termasuk air yang bbercaampur tanah.
> Menyuburkan tanah,
Sampah dedaunan, sebaiknya dibuang ke dalam ke dalam lubang ini, sehingga sampah daun akan busuk dan dapat menyuburkan tahah. Lubang akan lebih baik lagi bila dibuat di sekitar pohon  buah atau pohon peneduh, sehingga dapat menyuiburkan tanaman.
> Mengurangi penumpupukan sampah.
Sampah rumah tangga ( organik ) dapat dimasukan   kedalam lubang ini, sehingga mengurangi penumpukan sampah.
Terhindar berbagai jenis penyakit
> Tumpukan sampah yang dibuang terbuka  dan telah membusuk, akan mengundang  berbagai penyakit dan penyebarnya, seperti lalat. Bila sampah rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran,atau dedaunan lain dimasukkan ke dalam lubang yang tertutup, akan mengurangi dan mencegah penyakit.
> Penghasil kompos
Ssampah organik yang telah dimasukkan kedalam lubang resapan ini, dapat diambil setelah 1 – 2 bulan, untuk kemudian dijadikan pupuk hijau ( kompos ). Setelah kompos diambil, lubang dapat digunakan lagi untuk membuang sampah organik.
> Mengurangi genangn air
Biasanya di tanah lapang, seperti halaman rumah, lapangan bola, atau fasilitas olahraga yang masih belum di semen, ada beberapa tempat yang airnya sulit meresap. Biopori dapat dibuat ditemapt tersebut dan membantu meresapkan air ke dalam tanah.

Cara Membuat Biopori
Bagi Anda yang belum mengetahui cara tepat dan benar dalam pembuatan biopori pada lahan rumah tinggal, berikut merupakan langkah – langkah yang dapat Anda lakukan.

a. Buat lubang silindris  di tanah dengan diameter 10 – 15 cm dan kedalaman sekitar 100 – 120 cm, tetapi jangan melebihi muka air tanah. Lubang tersebut  dapat dibuat dengan  bambu, pipa besi, atau bor tanah dengan jarak antar lubang 50 – 100 cm.
b. Setelah lubang siap, isi dengan sampah organik. Fauna tanah ( seperti cacing) akan datang dengan sendirinya dan masuk ke dalam lubang untuk mencari perlindungan dan bahan makanan. Fauna tanah tersebut akan berkembang biak menciptakan biopori ( liang) yang dapat mempercepat proses perombakan sampah organikmenjadi kompos yang  tidsk menimbulkan bau. Lakukan penambahan sampah organik setiap 5 hari sekali.
c. Pupuk Kompos yang terbentuk dalam lubang resapan biopori dapaty diambil untuk menyuburkan tanaman.
d. Untuk memperkuat lubang agar tanah tidak masuk ke lubang ( longsor ) , pangkal lubang perlu dibuat penahan dengan membuat adukan semen selebar 2 – 3 cm dan setebal 2 cm di sekeliling lubang.
e. Jumlah lubang resapan biopori ditentukan berdasarkan luas lahan. Setiap 50 m2 luas lahan dibuat 10 lubang. Perhatiakan contoh perhitungan dibawah ini .
-Luas lahan  0 – 50m2 dibutuhkan  10 lubang.
-Luas lahan 50 – 100 m2 dibutuhkan 20 lubang.
-Luas lahan 100 – 150 m2 dibutuhkan 30 lubang.
f.Lubang resapan berpori dapat dibuat sendiri dengan bor tanah atau dikerjakan oleh tukang bor sumur. Bor tanah dapat dibeli di bengkel las atau pandai besi dengan harga sekitar Rp 150.000 – Rp 300.000 yang dapat dipakai bergilir oleh beberapa pemilik rumah. Demikian tadi artikel tentang biopori dan cara membuat biopori.

yhs-mystartdefault (61), contoh biopori (33), artikel biopori (27), fungsi biopori (19), contoh artikel tentang biopori (12), artikel tentang biopori (9), artikel makalah tentang biopori (9), tentang biopori (8), laporan pembuatan lubang biopori (7), artikel biopori beserta gambarnya (3), artikel tentang lubang biopori (3), contoh biofori (3), makalah lubang biopori (3), cara membuat biopori yang baik (3), makalan tentag lubang biopori (2), wacana tentang lubang biopori (2), cara membuat biopori di rumah (2), cara buat lubang resapan air (2), artikel dari sumur biopori (2), sistem kerja biopori (2)
Ingin Copy Paste?
Gunakan kode diatas untuk copy paste aman dan legal di blog anda

Post Navigation