Bel, Alarm, Cara Kerja Bel, Cara Kerja Alarm

Bel dan alarm adalah contoh penggunaan listrik sebagai pemberi peringatan atau menarik pertiatian. Misalnya untuk memberitahu kedatangan tamu di rumah temanmu. Di depan pintu rumah temanmu terdapat sebuah tombol yang jika kamu tekan, akan mengeluarkan bunyi di dalam rumah. Ini memberitahu orang rumah jika ada tamu.

Jadi saat kamu menekan bel pintu, yang terjadi adalah rangkaian akan menutup dan arus listrik mengalir sehingga bel berbunyi. Bel pintu ini memiliki elektromagnet yang terbuat dari dua kumparan kawat dengan bantalan besi di dalamnya. Saat arus mengalir, kumparan kawat bersifat magnet. Kemagnetan dari kumparan kawat ini menarik tangkai besi sehingga palu kecil memukul befc Tangkai besi juga dipasang pada sepasang penghubung yang di-lewati arus. Saat tangkai bergerak, penghubung terbuka dan arus berhenti mengalir ke elektromagnet. Elektromagnet kehilangan kemagnetannya, per akan menarik kembali tangkai dan palu sehingga penghubung menyatu dan arus mengalir lagi. Tindakan memukul terjadi lagi, dan terulang sampai kamu berhenti menekan tomboL

Rumah-rumah juga memiliki alarm yang digunakan untuk memberitahu orang rumah jika ada tamu tidak diundang atau maling. Alarm bekerja dengan berbagai cara. Bantalan tombol yang berisi penghubung diletakkan di bawah karpet. Bantalan ini menutup bila seseorang menginjaknya sehingga arus listrik mengalir dan bel berbunyi. Cara kerjanya sama dengan bel ghubung juga dapat disembunyikan di jendela atau pintu. Saat pintu atau jendela terbuka, penghubung saling menyentuh dan membuyikan alarm. Semua alarm dapat dimatikan supaya tidak berbunyi kalau pemilik rumah berada di dalam rumah. Dengan demikian pembahasan atau artikel tentang bel dan alarm selesai.

jelaskan cara kerja bel listrik (106), cara kerja bel listrik (105), pengertian bel listrik (79), kegunaan bel listrik (34), bel listrik akan berbunyi bila tersusun dalam rangkaian (34), pengertian bel (31), cara kerja alarm (28), prinsip kerja bel listrik (26), bel listrik akan berbunyi pada saat (25), cara kerja bel rumah (21), cara membuat bel listrik elektromagnetik (20), bagaimana bel listrik dapat berbunyi (19), mengapa bel listrik dapat berbunyi (14), cara membuat bel rumah (14), kumpulan cara kerja bel listrik (13), manfaat bel listrik (10), cara kerja bel pintu (1)